DIRGAHAYU HARI PENDIDIKAN

“.. Pendidikan profesional itu sangat penting, meskipun situasinya hampir tidak memungkinkan. Jika hal itu tidak menarik perhatian kami, maka ALRI hanya akan menjadi tentara darat dan hal itu akan menimbulkan kesulitan besar di laut…”.

– R.E. Martadinata-


Dalam rangka mengawaki organisasi Angkatan Laut, yang saat itu baru lahir, tentu membutuhkan personel yang memiliki berbagai macam kemampuan. Maka sebagai langkah maju dalam bidang pendidikan,  didirikanlah Jawatan Pendidikan Angkatan Laut pada bulan Maret 1946 atas perintah Markas Besar ALRI di Yogyakarta yang saat itu dipimpin oleh Laksamana III Maspardi selaku Kepala Staf Umum ALRI. Sebagai kelanjutan dari usaha tersebut,  Laksamana III Maspardi, Laksamana III Adam dan Mayor Martadinata selanjutnya berjuang dengan keras untuk mendirikan Sekolah Angkatan Laut (SAL).  Dipilihlah Tegal sebagai tempat pendidikan dengan alasan karena di Tegal sudah pernah memiliki Sekolah Pelayaran dan juga karena kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang dan Surabaya masih menjadi ajang pertempuran.

Setelah persiapan selesai maka tanggal 12 Mei 1946, SAL Tegal dibuka secara resmi oleh Presiden R.I. Soekarno. Peresmian SAL Tegal ini selanjutnya dijadikan sebagai momen penting dan tonggak sejarah bagi cikal bakal perkembangan pendidikan TNI AL sehingga setiap tanggal 12 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan TNI AL. Penetapan Hari Pendidikan TNI AL tersebut dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Kasal Nomor Skep/729/IV/1977 tanggal 21 April 1977

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to Top